Imam syafi'i juga
termasuk pengarang
kitab-kitab bermutu tinggi
yang bermanfaat bagi
kehidupan khususnya dunia keislaman. adapun kitab-kitab karangan beliau menurut
riwayat yang hingga
sekarang ini masih
tercatat ialah:
KITAB AR-RISALAH
Kitab ini khusus berisi
ilmu Ushul Fiqih.dalam
kitab ini Imam Syafi'i
mengarang dengan
jelas tentang cara-cara beristimbath,mengambil
hukum-hukum dari
Al-Qur'an dan dari sunnah,dan cara memakai dalil berdasarkan Analogi,dan konsesus.
KITAB AL UMM
Satu -Satunya kitab
Fiqih yang besar dan
disusun oleh Imam
Syafi'i serta tidak
bandinganya pada
masa itu.kitab ini
menunjukan kepandaian
imam Syafi'ip yang luar
biasa dalam ilmu
fiqih,karena susunan
Kalimatnya yang tinggi dan indah,Ibaratnya tahan
uji kalau dipergunakan untuk bertukar pikiran bagi para ahli pikiran yang Ahli Fiqih.
Selanjutnya ada lain dari itu kisah yang memberikan inspirasi
IMAM GHAZALI
Imam Ghazali lahir
tahun 1059 Masehi
atau 450 Hijriyah Di
Thus dari seorang
keluarga persia,Nama lengkapnya ialah
Abu Hamid Muhammad
bin muhammad Al-Ghazali.
beliau terkenal
Sangat luas ilmunya,
meliputi Ilmu fiqih, ilmu kalam,ilmu Tafsir, filsafat dan terkenal juga sebagai juga sebagai seorang Ahli dibidang Akhlak atau moral yang berdasarkan islam.
Beliau mendapat gelar "Hujjatul Islam" karena banyak jasanya dalam membela Agama islam.
Ayahnya dikenal seorang miskin yang shaleh,serta tidak mau makan makanan kecuali hasil usahanya sendiri yang halal, dengan melalui pekerjaan sebagai seorang pemintal benang dari bulu (wool)disamping itu ayahnya juga banyak mendengarkan pengajian-pengajian tentang fiqih, dan banyak berbicara
masalah fiqih dengan para ahli fiqih. karena sangat tertarik pada masalah keislaman itu.pada suatu hari ia pernah menangis sehabis mendengarkan pengajian tentang keislaman,maka sesudah itu minta kepada Allah agar anaknya nanti menjadi seorang ahli Fiqih,dan lahirlah anak yang bernama Ghazali atau abu Hamid ini.
Ternyata doa ayahnya itu dikabulkan Oleh Allah. Swt. lalu jadilah Ghazali seorang ahli Fiqih dan Ahli ilmu Akhlak yang banyak menasehati Masyarakat dengan Keislaman.
Sejak mudanya Imam Ghazali memang banyak mempelajari masalah fiqih dan ilmu kalam kepada imam Haramain, dan kepada guru-guru yang lain. ia juga mempelajari masalah filsafat, terutama Filsafat Al Farabi dan
IBNU SINA tentang Tasawuf serta akhlak.
Sesudah mengembara kemana-mana, akhirnya ia lebih condong kepada kehidupan akhlak dan Tasawuf Ia. banyak berzikir dan beribadat kepada Allah Swt.
Imam Ghazali mengakui bahwa pengerahuan keduniaan yang dipelajarinya tidaklah berhasil mencapai sasaran kebahagian,sehingga perlu dibuat suatu teori untuk mencapai Hakikat kebahagiaan itu sebagaimana ia uraikan dalam karanganan beliau yang sangat terkenal bernama Ihya Ulummuddin.
Pada Karangan - karangan yang beliau tulis selalu disertai dengan dalil-dalil Al- Qur'an dan Hadits serta mengadakan pembelaan-pembelaan keislaman dengan bersemangat dan penuh keimanan.itulah kehebatan Imam Ghazali yang patut kita teladani.
DI BIDANG ILMU PENGETAHUAN
UMUM
AL- FARABI
Mestro Tokoh muslim dalam bidang ilmu Fisika yang sangat terkenal.Nama Lengkapnya ialah ABU NASR MUHAMMAD AL FARABI yang lahir diwasij, suatu desa diwilayah Farab (Transoxania) ditahun 870 Masehi,Ia berasal dari Turki dan orang tuanya adalah seorang Jendral . ia pernah menjadi Hakim. dari Farab ia pindah kebaghdad, yang saat itu sebagai pusat Ilmu pengetahuan dunia. disana ia belajar pada Abu Bishr Matta Ibnu
Yunus→penerjemaah dan tinggal dibaghdad selama 20 Tahun. kemudian ia pindah ke
KeAleppo dan tinggal diistana Saif Al Daulah memusatkan perhatian pada ilmu pengetahuan serta filsafat. Istana saif daulah adalah tempat
pertemuan Ahli-Ahli Ilmu pengetahuan dan filsafat.
AL FARABI Wafat di ALEPPO Pada Tahun 950 Masehi dalam usia 80 Tahun.karya-karya Al-Farabi cukup banyak,namun karya-karyanya yang masih banyak ada sekitar Tiga puluh Karangab ilmiah, yang tulis dalam Bahasa Arab.Meliputi berbagai cabang Ilmu pengetahuan terutama fisika dan filsafat.
Karya-karyanya tersebar diberbagai wilayah terutama di bagian Timur,bahkan telah mencapai dunia barat.
Pada abad X dan XI yang lalu.serta ilmu kesusasteraan telah diterjemaakan dalam bahasa Hebrew dan Latin, sehingga mempengaruhi beberapa perguruan Tinggi Yewish dan Kristen. dan ada pula yang diterjemahkan kedalam bahasa Eropa, sehingga orang-orang Yahudi banyak yang mempelajari karya-karyanya Disamping itu pula diterjemaahkan kedalam Bahasa IBRANI yang masih tersimpan diperpustaka Eropa.
Siapa yang tak kenal dengan
Tokoh yang satu ini yang menjadi mastro dibidang ilmu kedokteran.
beliau juga dujuluki sebagai bapak kedokteran.mari kita simak Selanjutnya
IBNU SINA
Nama lengkapnya
ABU ALI HUSAIN
BIN ABDULLAH IBNU
SINA, Dilahirkan pada
tahun 370 Hijriyah
bertepatan dengan tahun
980 Masehi disuatu
daerah dekat Bukhara
yaitu Asfahan.Sarjana-sarana barat Menyebutnya dengan panggilan AVICENA Orang
tua beliau seorang pegawai tinggi pada pemerintah
dinasti Safawi.Dikota
Bukhara inilah IBNU SINA
Mempelajari ilmu
pengetahuan umum
dan ilmu pengetahuan
Agama,terutama ilmu
biologi kedokteran dan
filsafat. Pada usianya
10 tahun beliau sudah
hafal Al - Qur'an dan
Sebagian besar kesusasteraan telah dipelajarinya.
selain itu Ibnu sina
juga mendalami
ilmu Matematika,Fisika,
Logika,Biologi dan ilmu Kedokteran.Pada usia
kurang dari enam belas
tahun,ia sudah banyak
dikenal orang karena kemahirannya dalam
ilmu Biologi dan kedokteran,hingga banyak datang untuk berguru kepadanya.
Tujuh belas tahun,penguasa daerah bukhara Yaitu Pangeran Nuh Bin Masyur
menderita sakit parah yang tidak bisa diobati oleh dokter-dokter, maka dipanggillah Ibnu sina keistana untuk mengobati pangeran.dengan Seizin Allah Swt, setelah pangeran diobati oleh ibnu Sina,sakitnya pun sembuh.Sejak itu Ibnu Sina mendapat sambutan hangat dari Masyarakat.atas jasanya itu,maka ibnu sina diperbolehkan mengunjungi Perpustakaan Istana yang penuh dengan buku-buku yang didapati.Berlanjut ketika dua puluh tahun,beliau ke jurzan,Suatu kota dengan laut kaspia,dan disinilah ia menulis
Ensiklopedia tentang ilmu kedokteran yang dikenal dengan
Nama THE CANON.Selain itu pula ia mengajar,akan tetapi tidak lama ia Tinggal disini karena kekacauan politik.sampai sampai Akhirnya
Di Hamadzan dan kemudian ia pindah ke Isfahan yang disambut baik oleh Penguasa Negeri itu.
Kehidupan IBNU SINA penuh dengan kesibukan dalam bekerja dan mengarang, dengan penuh kebahagiaan dan kesusahaan,sehingga Akhirnya ia tertimpa penyakit COOLING
(Dingin) yang tidak bisa diobati lagi.
Akhirnya ia meninggal dunia Tahun 428 Hijriah,bertepatan dengan Tahun 1037 Masehi dikota Hamadzan.
Dengan kepandaian yang luar biasa, IBNU SINA dapat mengatur waktu dengan Sebaiknya-sebaiknya siang hari ia sibuk dengan pejerjaan dipemerintahan dan diwaktu malam ia sibuk dengan mengajar dan mengarang
buku-buku, sehingga dalam waktu singkat ia dapat menulis buku-buku yang bermutu tinggi diantaranya:
• AN-NAJAT→Sebagai Ringkasan dari As- Syifa dan pernah diterbitkan bersama dengan Al Qanun.
• ASY-SYIFA→yang merupakan buku Falsafat terbesar dan terpenting dari IBNU SINA.
• AL- QANUN→Bahasa Inggris
disebut "CANON OF MEDICINE"
Sampai Akhir Abad ke 17 dipakai sebagai Standart oleh Universitas-Universitas Di Eropa,Al Qanun ini pernah diterjemahkan dalam bahasa
Latin dan pernah dipernah diterbitkan diRoma Pada Tahun 1593 Masehi dan di India Tahun 1323 Masehi.Demikianlah kepandaian IBNU SINA dalam menguasai berbagai Ilmu Pengetahuan Modern yang hingga saat ini masih dipelajari di universitas - Universitas atau perguruan tinggi diseluruh dunia.
IBNU KHALDUN
Seorang Ahli Sejarah,
Politik,Sosiologi dan
Ahli Ekonomi.
IBNU KHALDUN,
Seorang yang mendalami persoalan -persoalan Manusia,Meneliti kehidupan manusia yang telah lalu,
untuk memahami kehidupan sekarang dan hari yang
akan datang.ia bukan
hanya Ahli sejarah yang
terbesar dari Abad pertengahan,tetapi ia
adalah seorang ahli
Filsafat sejarah yang pertama,seorang pembuka
jalan bagi penemuan-penemuan yang dicapai oleh sarjana-Sarjana Barat.
Adapun dalam bidang Ilmu falsafat sejarah,literatur Arab dihiasi oleh suatu nama yang sangat cermerlang, baik dunia Kristen klasik maupun pertengahan,tidak sanggup
menunjukan seorang pun yang dapat mendekati kecermelanganya.