-->

MEKANISME SIGNAL GENERATOR

Pada Motor bensin Campuran udara dan bahan bakar yang dikompomresikn didalam Cylinder harus dibakar untuk menghasilkan tenaga. Sistem pengapian berfungsi untuk membakar campuran udara dan bensin didalam ruang bakar pada akhir langkah kompresi Sistem pengapian yang digunakan adalah pengapian listrik,dimana untuk menghasilkan percikan api digunakan tenaga listrik sebagai percik apik. :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: 

⋆ IGNITION COIL :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: Ingnition coil merupakan komponen dimana tegangan tinggi yang dibutuhkan untuk membuat spark melewati Spark plug gap dihasilkan Kondensor tersambung secara paralel dengan contact breaker atau ignition coil. Mengganti jumlah magnetic flux dan electromotive force di pickup coil, jadi apabila gerakan kaki rotor mendekati inti pick up coil. maka pada pick up akan dibangkitkan tegangan posisif, sebaliknya apabila kaki rotor bergerak menjauhi inti pick up, maka pada pick up coil dibangkitkan tegangan negatif.tegangan paling maksimum akan berbentuk pada saat kaki rotor mulai mendekati atau menjauhi posisi sejajar/lurus terhadap pick up coil. :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: 

⋆ MEKANISME SIGNAL GENERATOR :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: Selama mesin berputar maka distributor shaft akan memutarkan rotor,dengan berputarnya rotor,maka rotor akan menghantarkan garis-garis gaya magnet dari magnet permanen ke pickup coil Contact breaker Merupakan juga dengan circuit breaker,terbuat dari cam,breaker arm,contact point support,breaker plate dan kondesor. :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: 

⋆ SPARK PLUG :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: Spark plug adalah komponen penting yang berfungsi membakar Air fuel mixture di Cylinder.Spark plug dapat digolongkan menjadi tipe panas,tipe sedang tipe dingan. :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: 

⋆ IGNITION COIL :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: untuk mempertinggi tegangan listrik dari 12 volt menjadi 20.000 sampai 30.0000 agar dapat mempertinggi tengangan listrik, pada ignition coil terdapat 2 kumpulan • Menciptakan medan magnet • Penampungan kawat besar • Jumlah gulungan sedikit -+ 400 gulungan Kumparan sekunder • Merubah induksi menjadi tegangan tinggi • penampungan kawat kecil • Jumlah gulungan banyak +-30.000 gulungan :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: 

⋆ IGNITION COIL WITH RESISTOR :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: untuk mengurangi penurunan tegangan pada secundary coil pada saat putaran mesin tinggi untuk menstabilkan arus yang masuk ke kumparan primer. Koil tanpa rersistor,nilai tahanan gulungan primer besar,sehingga membutuhkan waktu lama agar arus yang masuk kegulungan primer mencukupi untuk pembentukan medan magnet. koil yang dilengkapi dengan resistor,nilai tahanan pada gulungan primer menjadi lebih kecil akibatnya arus yang masuk kegulungan primer dapat segera mencukupi untuk pembentukan medan magnet. untuk mengurangi penurunan tengangan pada secundary coil pada saat putaran mesin tinggi untuk menstabilkan arus masuk ke kumparan primer. :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: 

⋆ OPENED MAGNETIC PATH COIL :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: Ada cara untuk menaikan tegangan pada gulungan sekunder • Dengan menambah jumlah gulungan,akibatnya koil menjadi lebih besar dan berat • Dengan menaikan tegangan maupun arus input akan menyebabkan koil menjadi cepat panas :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: 

⋆ CLOSED MAGNETIC PATH COIL :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: Coil jenis ini biasanya dipergunakan pada mobil yang dilengkapi dengan igniter Coil jenis clossed magnetic path dengan inti besi model tertutup,dapat meningkatkan medan magnet pada inti besinya.sehingga walaupun jumlah gulungan kawat tembaganya sama(opened magnetic path)tetapi outputnya menjadi jauh lebih besar akibatnya berat dan besarnya koil dapat dikurangi :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: 

⋆DIODE :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: pada saat distarter, arus dari baterai lebih banyak lebih banyak mengalir ke motor starter sehingga tegangan beterai akan drop dan mengurangi arus yang mengalir ke kumparan primer akibatnya tegangan tinggi secondary coil rendah,bunga api pada buat lemah dan menjadikan mesin sulit hidup. Guna mencegah kejadian seperti itu pada saat posisi start arus yang mengalir ke kumparan primer di by pass tanpa melewati resistan,sehingga arus yang mengalir ke kumparan primer mencukupi. ::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: 

⋆ PLATINA/BREAKER POINT :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: Fungsi untuk memutuskan dan menghubungkan arus yang mengalir kekumpuran primer,agar terjadi tegangan industry pada kumparan. sudut putar cam distributor dan saat platina mulai membuka sampai mulai membuka pada tonjolan. :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: 

⋆ DWEEL ANGLE :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: Sudut dweel sudut cam distributor pada saat platina mulai menutup a sampai platina mula membuka c. Pengaruh sudut dweel Sudut dweeel besar • Celah platina kecil. • Arus yang mengalir keprimer koil terlalu lama • kemagnetan jenuh • Platina panas. Sudut dweel kecil. • Celah platina lebar • Arus yang mengalir keprimer koil terlalu singkat •Kemagnetan tidak tercapai maksimum •Tegangan induksi kumpulan sekunder kurang :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: 

⋆ CONDENSER :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: Mencegah terjadinya loncatan bunga api listrik pada platina,dengan cara menyerapan arus induksi.Kapasitas Condenser Kapasitas dari kondenser dapat di identifikasi dengan warna kabelnya. Hijau 0,18 Micro Farad Kuning 0,22 Micro Farad Biru 0,25 Micro Farad Putih 0,27 Micro farad :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: 

⋆ GOVERNOR ADVANCER :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: Pada saat mesin berputar pada putaran tinggi maka fly weight akan mengembangkan berdasarkan gaya centrifugal akibat dari kecepatan berputar as distributor.Pada saat fly weight mengembang akan mendorong cam plate untuk bergeser beberapa derajat mendahului as distributor akibatnya camlobe akan terbawa bergeser dan menyebabkan timing pembukaan platina menjadi maju. :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: 

⋆ VACUUM ADVANCER :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: Untuk memajukan saat pengapaian sesuai dengan besarnya beban mesin Pada saat beban rendah atau menengah kecepatan pembakaran rendah karena campuran udara dan bahan bakar khusus.akibatnya pembakaran campuran udara dan bahan bakar menjadi lambat agar tekanan pembakaran maksimum didapat pada10 sesudah TMA maka timing pengapaian harus dimajukan.kadar HC dalam gas buang pada saat mesin dalam keadaan stasioner. :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: 

⋆ SPRAK PLUG :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: Suatu index yang menunjukkan jumlah panas yang dapat dipindahkan,busi yang relatif sulit untuk membuang panas yang diterima.busi yang dengan cepat sekali membuang panas,Loncatan bunga api listrik busi menghasilkan elektromagnetic,serta dapat menyebabkan gangguan pada peralatan electronic.sehingga peralatan electronic tersebut menjadi tidak dapat berfungsi busi jenis ini mempunyai tahanan dari ceramic yang dapat mencegah terjadinya penyebab gangguan Busi jenis ini menggunakan platinum pada elektrode tengah dan massa menjadikan usia pemakaian busi lebih lama dan pengapaiannya lebih baik. buat jenis ini menggunakan indum pada eloktrode tengah dan platinum electrode massa menjadikan usia pemakaian busi lebih lama dan performanya lebih baik. Kondisi normal: • isolator berwarna kuning atau coklat muda • Puncak isolator bersih, (Berwarna coklat muda atau abu-abu) •Electro terbakar, pada permukaan kaki isolator ada pertikal partikel kecil mengkilap yang menempel isolator berwarna putih atau kuning. Nilai oktan terlalu rendah campuran terlalu kurus knocking saat pengapian terlalu awal tipe busi terlalu panas. Kaki isolstor elekroda sangat kotor,warna coklat oil mesin. Ring piston aus, bush penghantar katup Ada penghisap oil melalui sistem ventilasi karter(blow by gass).

LihatTutupKomentar