-->

Nama makam para wali

Menyebut kota Solo,ingatan apa yang tertuju,? keraton Kasunanan dan Mangkuneran nan eksotik,?atau pasar klewer dengan baju 
batik yang melegendaris,?dan hingga nasi liwet nan nikmat yang dibungkus daun pisang,
memang solo merupakan kota identik dengan wisata hingga budaya dan pelesiran.nah,Tak banyak yang tahu,kalau kota solo khususnya di Bengawan ini banyak terdapat Makam-makam para Aulia yang telah berjasa menyemai kebesaran Islam diTanah Jawa.serta sesuai dengan Kultur dan objek peziarahan di kota Solo dan sekitarnya tak lepas dari 
Keraton dan pesantren.serta beberapa Makam para Aulia juga tersebar mulai dari tepian Bengawan Solo disetalan,hingga pusat kota,batas kota ditepi sebelah barat,dan beberapa dikawasan kota. Nah jika anda ingin berziarah kemakam para Aulia tersebut anda bisa lebih praktis dengan menggunakan kendaraan pribadi,sebab lokasi dikawasan tersebut beberapa makam tidak bisa jangkau oleh kendaraan umum. Makam Kyai Kasan mukmin,misalnya yang terletak ditepi barat Bengawan solo,dibelakang bekas pemandian para putri keratosolo di langenharjo,Grogol,Sukaharjo, tidak dapat dilalui oleh kendaraan umum. untuk itu anda dapat berziarah:
●MAKAM KYAI KASAN MUKMIN tak jauh dari sebelah selatan kota makam ini terletak persisnya DiLangenharjo,
Grogol,sukoharjo.
ditepi Bengawan Solo.itu sebabnya makam ini sulit dijangkau.Kyai Kasan mukmin diyakini sebagai salah seorang Wali Allah,ulama yang mendidik keluarga Sri susuhunan paku Buwono X dari Kasunanan Surakarta Hadinigrat.yang paling Legendaris, konon ia juga salah seorang 
Guru K.H. Manshur,
popongan, klaten.pendiri pondok pesantren Al-masyur yang juga mursyid tarekat Naqsyabandiyyah Khalidiyyah.Ada dua rute yang bisa anda tempuh untuk kemakam Mbah Kasan Mukmin. pertama melalui Tanggul, masuk kejalan dekat jembatan besar yang melintang diatas bengawan solo yang melintang diatas Bengawan solo yang menghubungkan jalur solo wonogiri, kedua dapat dilalui dengan menempuh jalan kampung di tepi pemandian Langenharjo. Tapi, hanya kendaraan beroda dua saja yang dapat melewati jalur tersebut. sedangkan kendaraan beroda empat harus dititipkan di halaman teras rumah penduduk dipinggir Tanggul. nah,jika anda menggunakan kendaraan umum, dari solo naik bus serta turun di Radio SAS FM. atau dikantor pos Grogol. kemudian dilanjutkan naik becak atau GOJek.kota solo pernah dilanda banjir besar tahun 1966.yang merobohkan ratusan rumah disepajang pinggir sungai begawan. konon makam yang terletak hanya hanya beberapa meter saja dari bibir sungai.namun tak tersentuh air. keanehan itu pula yang membuat penduduk sekitar juga meyakini Bahwa Mbah kasan mukmin bukan ulama sembarangan. masih adanya warga yang menyalah
gunakan makam untuk tujuan yang menyimpang dari agama.dimakam tersebut cukup banyak sisa hio yang menancap ditengah makam pada saat itu setiap jum'at. menurut juru kunci, disamping itu orang yang murni berziarah untuk mendoakan sang wali.and juga dapat melalukan ziarah kemakam
●MAKAM KYAI
UMAR SAID makan Kyai Umar Said berada berseberangan dengan makam kyai Kasan mukmin, disisi timur bengawan solo.tepatnya didesa ngalawu,
Grogol,sukoharjo.yang mana Kyai Umar Said. adalah seorang ulama besar Keraton kasunanan Surakarta.
menurut juru kunci disana. makam Kyai kasan mukmin, kyai Umar Said merupakan guru kyai kasan mukmin.
sekaligus juga guru agama keluarga keraton. sama seperti jalan menuju makam Mbah kasan Mukmin,untuk anda berziarah kemakam kyai Umar said gampang-gampang susah. sebab, mau tak mau harus memutari rute awal, kemudian naik tanggul dari sisi seberangnya. Jalan paling dekat adalah dari makam kyai kasan mukmin menyusuri tanggul ke arah hulu. sekitar satu kilometer dari makam mbah kasan mukmin ada sebuah jembatan besar.melalui tanggul disisi sebarang itulah, setelah berjalan kurang lebih 900 meter, makam tua yang terletak dalam sebuah cungkup sederhana itu mudah dicapai.
●MAKAM KYAI
MINHAJUL   
ABIDIN Masyarakat sekitar Lazim menyebut Kyai minhajul Abidin dengan mbah kasan minhaj. ia merupakan ulama besar keraton kasunanan surakarta pada masa pemerintahan paku Buwono IV. menurut penuturan juru kuncinya.Kyai minhaj berasal dari surabaya. mula-mula ia mengajar dibeberapa mushala disekitar keraton.sampai akhirnya kesaktian ulama muda itu terdengar oleh paku Buwono IV. oleh paku Buwono IV, kyai minhaj diminta membuka hutan gabudan yang kala itu sangat angker, baik karena binatang buas yang sering menggangu maupun makhluk halus yang konon suka usil.sebagai hadiah atas jasanya, kyai minhaj diangkat sebagai ulama keraton dan diberi tempat tinggal di gabudan. baturono, 
pasar kliwon, solo.disana pulalah ia wafat dan dimakamkan dan dimakamkan. menurut juru kunci semula makam kyai minhaj berada ditengah pemakaman umum bercampur dengan makam makam yang lain. suatu ketika datanglah pemilik perusahaan rokok jambu bol, kudus, yang berniat memugar makam dengan membuat pagar keliling dan cungkup sederhana.setelah selesai memugar makam,barulah pengusaha rokok itu bercerita, ia baru saja selamat dari kecelakaan fatal.suatu hari ia sedang menempuh perjalanan di kawasan pegunungan yang berjuang dikiri kananya. tiba-tiba dan mobilnya slip, mobil meluncur kearah jurang, untung ban belakangnya tertahan akan pohon, sehingga mobil itu tidak langsung terhempas kedasar jurang bagian depan mobil menggantung dan terayun-ayun diatas jurang yang cukup dalam. ketika berada diposisi kritis tiba-tiba muncul seorang tua berjubah putih lengkap dengan sorban.dengan tongkat penyangga tubuh rentanya,sang kakek menarik mobil tersebut hingga kembali kebadan jalan. Bos rokok jambu bol itu segera turun dari mobil dan mengucapkan terima kasih. setelah berbincang sejenak, sebelum pergi.sang kakek memperkenalkan diri sebagai kyai Minhajul Abidin, Gabudan. baturono, solo.beberapa hari kemudian, bos jambu bol itu datang kesolo beserta keluarga untuk mengunjungi kyai penyelamatannyalangkah terkejutnya ketika sampai digabudan dan menjumpai bahwa kyai minhajul yang menyelamatkan nyawanya telah wafat ratusan tahun silam.yang tersisa hanyalah sebuah makam tua ditengah pemakaman umum. rute menuju makam kyai minhajul tergolong mudah Karena letaknya masih didalam kota. dari perempatan baturono. penziarah tinggal menuju kearah selatan kurang lebih satu kilometer. setelah melewati jembatan kecil lalu belok kekanan.akan segera bertemu dengan kompleks makam gabudan.makam Kyai minhajul mudah dikenali karena satu-satunya makam yang bercungkup
●MAKAM HABIB ALWI ALHABSYI Sebelah utara,tak jauh dari makam mbah kasan minhajul Abidin.tepatnya dijalan gurawan ada makam ulama shaleh, habib alwi bin ali Alhabsyi. bagi para muhibin, nama ulama ini tidak asing lagi karena ia adalah putra wali Qutub Habib Ali Alhabsyi, penyusun maulid simthud durar.ia adalah juga ayahanda ulama kharismatik yang satun dan rendah hati, habib anis bin alwi bin alhabsyi. makam Habib Alwi terletak sebelah selatan masjid Ar-Riyadh.dari jalan kapten mulyadi. komplek zawiah(Tempat belajar dan ibadag kaum sufi)asuhan habib anis mudah dikenali. bangunan unik,menjulang tinggi,dan bercorak timur tengah.jalan kapten mulyadi adalah jalur utama solo wonogiri. 

●MAKAM KYAI
UMAR
Nah,Yang paling mudah dicapai adalah makam 
K.H.Ahmad Umar Abdul Mana, pendiri pondok pesantren Al-Muayyad. makam ulama ahli al-qur'an ini terletak di tengah kompleks pesantrennya dijalan K.H.Samanhudi 64, Mangkuyudan, hanya sekitar 800 meter dari jalan protokol slamet riyadi.sejak pukul lima pagi sampai delapan malam. jalan didepan pesantren selalu dilintasi angkutan kota 01A jurusan kartasura pasar klewer, angkot tersebut melewati halte kerten,tempat setiap bus masuk atau keluar solo menuju semarang, yogyakarta, dan jakarta.angkot juga melewati stasiun purwosari. sementara dari stasiun solo-Balapan.
penziarah dapat naik becak atau menumpang bus atmo,turun depan losmen sarangan, berjalan kaki sekitar 900 meter ke selatan.
sedangkan dari arah timur.peziarah bisa turun diterminal bus tirtonadi, kemudian meneruskan perjalanan dengan becak atau ojek. cukup sebut saja tujuan ziarah pondok Mangkuyudan.K,H Ahmad umar Abdul manan.atau dikalangan pesantren lebih mbah Umar Mangkuyudan, adalah salah satu pilar utama pengajaran Al-Quran dijawa tengah pada masanya, ia adalah cucu K,H Hasan Adi, ulama keraton pada masa pemerintahan paku Buwono X sejajar dengan K,H Arwani Kudus K,H Muntaha Wonosoba,dan K,H,Abdullah umar semarang yang semuanya merupakan santri pesantren krapyak, yogyakarta.merupakan murid kesayangan kyai Munawir,
Krapyak, guru utama Tahfidzul Qur'an(Penghafal AL-Quran)Yang legendaris,dari Kyai munawir ini pula, pada usia 17tahun kyai umar mendapat ijazah sanad Al-quran. dari krapyak, ia meneruskan mengaji kepesatren tremas, Arjosari,pacitan,
lalu nyantri kepada kyai Zainudin mojosari nganjuk, jawa timur, waliyullah yang terkenal.terakhir ia memperdalam ilmu tasawuf kepada K,H Mashur, popongan. menurut kesaksian Kyai Ma'shum Lasem(Ayahanda K,H Mubassyir mundzir, bandar Kyai Umar salah seorang wali dalam satu syairnya,kyai Ma'shum menyebutkan.
Kyai umar termasuk wali autad salah satu tingkat spritual kewalian, kyai ahmad umar wafat pada11 Ramadhan 1400 hijriah atau tahun 1980 masehi.
LihatTutupKomentar