-->

Ilmu Fiqih Menurut Para Ulama

Berapa istilah dalam ilmu FIQIH Dalam ilmu fiqih terdapat beberapa istilah yang memiliki kaitan sangat erat dengan shalat,yang nantinya akan sering kali kita jumpai .untuk memudahkan pemahaman maka pada bagian ini akan kita bahas terlebih dahulu. Mukallaf Mukallaf adalah seorang muslim yang telah dibebani hukum islam karena mencapai usia dewasa,baligh dan berakal sehat.menurut sebagai ulama seorang anak laki-laki dikata baligh apabila telah berusia minimal 15 tahun atau telah bermimpi dengan keluar mani.sedang bagi anak perempuan yakni bila telah mencapai usia minimal 9 tahun atau mengalami haid atau datang bulan. 

Rukun adalah suatu amalan/pekerjaan yang harus dilakukan dalam melaksanakan suatu ibadah tertentu yang apabila ditinggalkan maka ibadahnya tidak sah.cohtoh, membaca al-fatihah dalam shalat adalah termasul rukun shalat sehingga apabila seseorang meninggalkan al fatihah dalam shalatnya malam menjadi tidak sah/tidak diterima.


Syarat↘adalah suatu ketetapan atau batas yang harus dipenuhi seseorang sebelum melaksanakan ibadah tertentu apabila syarat tidak terpenuhi maka ibadahnya tidak sah atau tidak sempurna. bersuci adalah salah satu syarat shalat, maka barang siapa yang shalat tanpa bersuci maka shalatnya tidak sah Batal adalah suatu konsekuensi hukum tidak sah atau tidak diterimanya suatu amalan ibadah yang disebabkan oleh terlepasnya atau tidak terpenuhinya salah satu syarat atau rukun suatu amalan ibadah. 
Sah adalah diakuinya sesuatu sebagai amalan ibadah apabila telah terpenuhi syarat dan rukun yang telah ditetapkan diterapkam oleh syara'a. 

◐ILMU FIQIH MENURUT EMPAT MADZAB FIQIH Ilmu fiqih adalah ilmu yang membahas persoalan hukum-hukum islam.para ulama dizaman sahabat sampai sampai zaman tabi'in dan seterusnya mengambil hukum-hukum fiqih bukanlah semata-semata dari pendapat mereka sendiri dengan melihat meneliti peristiwa yang ada terjadi ditengah-tengah mereka saja. melainkan mengambil dari sumber aslinya yakni Al-Qur'an dan sunnah rasul. Alasan yang mendasari sikap mereka ini adalah bahwa Allah menurunkan hukum yang sesuai dengan semua semua masa dan tempat hanya sebagian lagi diambil dari ayat atau hadist umum itu dengan keadaan,kemaslahatan kemanfaat dan kebiakannya, baik yang berhubungan dengan diri sendiri,maupun dengan umum.tidaklah sekali-sekali mereka diizinkan mengambil hukum dan undang-undang yang bukan islam atau undang-undang yang bukan islam atau undang-udang yang semata-mata buatan manusia. Para ulama menghadapi berbagai persoalan apabila mereka tidak menemukan ayat atau hadist, mata mereka berijtihad untuk menetapkan hukum. yang ditetapkan oleh seseorang berdasrkan ijtihadnya itu yang disebut mazhabnya. Sebenarnya madzab fiqih dalam islam bukan hanya empat namun ada beberapa macam diantaranya empat, namun ada beberapa macam diantaranya:

Hasan basri,Ast-laisi dan lain-lain Madzab yang empat mungkin disebabkan oleh berkurangnya pendukungan mereka setelah ditinggalkan oleh penyusunannya. Sedang madzhab yang empat sampai sekarang masih terus mendapat dukungan para ulama dan kaum muslimin.Ribuan kitab yang telah disusun berdasarkan madzab-madzab itu. 

◐MADZAB HANAFI Madzab hanafi diperoleh oleh imam Abu Hanifah yang dilahirkan pada tahun 80 hijrah dan meninggal di Baghdad pada tahun 150 Hijriyah.semenjak belajar dikufah beliu telah menyusun madzabnya. beliu amat mahir dalam dalam ilmu fiqih khususnya pandai beristibat hukum dari al-qur'an dan hadits. kemudian beliau tinggal dibaghdad dan memberikan penerangan tentang hukum islam dibaghdad berdasarkan ijtihadnya kepada kaum muslimin.pada perkembangan berikut, beberapa orang murid sekaligus sahabat beliu kembali mengadakan penelitian terhadap hukum-hukum. yang telah ditetapkan oleh imam Abu Hanifah dengan memperhatikan kondisi, manfaat dan madharat sehingga diantara mereka ada yang tidak sepakat dengan pendapat imam Abu Hanifah.
◐MADZHAB MALIKI dipelopri oleh Malik bin Anas Al Asbahi yang lahir pada tahun 93 hijriah dan pada bulan safar tahun 170 hijriah. beliau kemudian belajar dimadinah dan menyusun sebuah hadist Al Muwatha yang terkenal sampai sekarang atas anjurannya Khalifah Mansyur, ketika beliu bertemu saat ibadah haji.Madzhab maliki mengambil dasar Al-Qur'an,sunnah,ijma dan Qiyas.namun qiyas. namun qiyas beliu gunakan untuk hal-hal yang sangat terbatas saja. karena beliu adalah seorang ahli hadits. dimasa itu. beliau amat berpengaruh didaerah hijaj sehingga mendapat julukan sayyid fuqoha Al hijaz.Beberapa murid beliau yang terkenal diantara Muhammad bin idris bin Syafi'i. yang dikenal denga imam syafi'i pengikut madzhab maliki yang paling banyak diturisia,tripoli,mesir dan magrhibi

◐MADZHAB SYAFI'I Muhammad bin idris bin syafi'i keturunan bangsa Quraisy.beliau lahir di Khuzzah pada tahun 150 Hijriyah dan meninggal dimesir pada tahun 204 Hijriyah,diusia 7 tahun beliau dapat menghafal al-qur'an dan usia 10 tahun beliau telah hafal Al-Muwaththa' kitab susunan sang guru Imam Malik. Pada usia 20 tahun itu juga imam syafi'i mendengar tentang kebesaran sang guru Imam Malik akan ilmu fiqih dan hadist. oleh sebab itu,beliau kemudian pergi kemadinah untuk belajar kepada Imam Malik.selanjutnya beliau juga pergi ke irak dan bergaul dengan sahabat -sahabat Imam Abu Hanifah. kemudian beliau juga pergi keparsi. 2 tahun lamanya beliau menempuh perjalanan ini. dalam perjalanan tersebut beliau sekali menjumpai berbagai adat,karakter dan kebiasaan masyarakat yang amat majemuk dan ini sangat penting bagi beliau dalam rangka mempertimbangkan penentu hukum islam.hingga raja Harun Al-Rasyid meminta beliau agar tetap tinggal di Baghdad. Imam Asy-Syafi'i tinggal dibaghdad dan menyebarkan agama serta pendapat-pendapat beliau kepada masyarakat. beliau memiliki pergaulan yang amat luas dengan semua golongan dan lapisan masyarakat,termasuk para sahabat Imam Abu Hanifah sehingga hal tersebut mendorong beliau untuk mengeluarkan pendapatnya yang pertama.lalu beliau kembali keMakkah hingga pada tahun 198 Hijriyah.pada tahun itu juga pula beliau pergi kemesir dan menyusun pendapat yang baru. pengikut Madzhab As Syafi'i banyak tersebar Kurdistan,mesir aden,yaman,pakistan,dan indonesia. Dan berlanjut pada 

◐MADZHAB HANAFI dipelopori oleh Ahmad bin Muhammad bin Hambal bin Hilal yang dilahirkan di baghdad dan meninggal pada hari jum'at pada dua belas Rabiul Awal tahun dua ratus empat puluh satu Hijriyah.sejak kecil beliau telah belajar dibaghdad, syam,hijaz dan yaman.beliau merupakan salah satu murid Imam As-Syafi'i yang pandai.diantara murid beliau yang terkenal adalah Bukhari dan muslim.Hanbali menyusun madzhabnya berdasarkan empat dasar yang merupakan merujuk pada Al-qur'an dan Hadist,hingga fatwa sahabat(kitab sunnah)serta hadits mursal/lemah apabila tidak bertentangan dengan dalil-dalil lain dan Qiyas sebagai jalan terakhir. hal tersebut dengan mengeluarkan fatwa, beliau sangat berhati-hati apabila tidak ada Nash sahabat.dengan murid-murid beliau.oleh sebab tersebut mengapa Madzhab ini tersiar dibaghdad,kemudian Hijaj dan selanjutnya raja Ibnu Saud mengumumkan bahwa Madzhab resmi pemerintahan Arab Saudi.Dimesir tidak tampak madzhab ini kecuali pada ke7 hingga sekarang tidak banyak rakyat mesir yang mengikuti madzhab ini.

LihatTutupKomentar